Rabu, 24 April 2013

Uji bahaya asap rokok


Kata Pengantar

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmatnya kami dapat menyelesaikan laporan hasil praktikum ini. Secara khusus, ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Ibu guru sebagai guru pembimbing yang memberikan praktik dan pemahaman mengenai bahasa asap rokok.
Kami menyadari pada hasil laporan praktikum ini masih terdapat kekurangan. Oleh karena itu, kami senantiasa mengharapkan masukan dari pembaca demi penyempurnaan laporan ini.
Akhirnya, semoga laporan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dan dapat digunakan untuk penelitian lebih lanjut.
Penulis
Kelompok V


BAB I PENDAHULUAN
A.     Latar belakang

Rokok adalah produk yang berbahaya & adiktif (menimbulkan ketergantungan) karena didalam rokok terdapat 4000 bahan kimia berbahaya yang 69 diantaranya merupakan zat karsinogenik (dapat menimbulkan kanker). Zat-zat berbahaya yang terkandung didalam rokok antara lain : tar, karbon monoksida, sianida, arsen, formalin, nitrosamine dll. 

B.      Tujuan penelitian

Tujuan penelitian dari praktik ini adalah agar kita dapat mengetahui bahaya asap rokok utamanya bagi paru-paru.

BAB II KAJIAN PUSTAKA

Efek rokok terhadap kesehatan sendiri sangat membahayakan, akibat kandungan berbagai bahan kimia berbahaya yang ada di dalam rokok maka dengan merokok sama saja kita memasukkan bahan-bahan berbahaya tersebut ke dalam tubuh kita. Penyakit-penyakit yang diketahui dapat disebabkan oleh rokok antara lain : kanker tenggorokan, kanker paru-paru, kanker lambung, penyakit jantung koroner, pneumonia, gangguan sistem reproduksi dll. 


BAB III METODOLOGI PENELITIAN
Alat dan Bahan
1.    Pipet
2.    Pipa U
3.    Rokok
4.    Korek
5.    Pompa pengisap
6.    Kapas secukupnya

Cara Kerja

1.    Masukkan kapas kedalam pipa U
2.    Kemudian masukan pipet  pada kedua ujung pipet U dengan menggunakan kapas. Sumbat sampai benar-benar tidak terdapat celanya.
3.    Pada ujung pipet sambungkan dengan sebatang rokok.
4.    Selanjutnya bakar rokok tersebut dan tekan pompa pengisap sehingga mengeluarkan asap lakukan secara terus-menerus sehingga rokok habis.
5.    Perhatikan perubahan yang terjadi pada kapas dan amatilah perubahannya.
Hasil Pengamatan
Setelah diamati kapas yang terkena asap rokok dari pembakaran tadi kapas  yang berada di dalam tabung U sedikit demi sedikit berubah warna menjadi kecoklatan. Berbeda jika dibandingkan dengan warna kapas sebelumnya.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Dari hasil pengamatan dari uji praktikum bahaya asap rokok ini dapat disimpulkan bahwa rokok sangat berbahaya utamanya bagi paru-paru, seperti perubahan warna yang terjadi pada kapas dari putih berubah warna menjadi kecoklatan itu menandakan di dalam rokok terkandung zat tar yang sangat berbahaya.
Saran
Karena kita telah mengetahui bahaya rokok utamanya bagi paru-paru maka sebaiknya bagi orang yang belum pernah merokok janganlah sekali-kali mencoba rokok karena akan sangat fatal jadinya apalagi bagi kesehatan tubuh.
           
 Hasil Penelitian















Daftar Pustaka
ideremaja.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar